Sedang Mencari Pinjaman Modal Usaha? Disinilah Tempatnya!

357 views

Untuk membuka usaha sendiri, tentu Anda membutuhkan dana yang tak sedikit. Mungkin sudah mempunyai uang tabungan, tapi rasanya belum mencukupi untuk membeli perlengkapan dan peralatan usaha. Padahal prospek bisnis kedepannya sudah bagus dan mantap dipasaran. Jika Anda sudah yakin bisnis yang dijalankan bagus kedepannya, tak ada salahnya Anda mencari pinjaman modal usaha.

Memang terkadang cukup sulit memperoleh pinjaman modal usaha. Tapi pemerintah sudah memudahkan masyarakat tentang hal ini yakni dengan memberdayakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Sebelum memutuskan untuk meminjam  dana kepada rentenir untuk keperluan usaha, sebaiknya carilah informasi sebanyak-banyak tentang program pemerintah tersebut.

image

Anda pasti tidak mau usaha rugi karena membayar bunga pinjaman modal usaha dari rentenir yang umumnya sangat besar itu. Sekarang ini banyak sekali program-program pembiayaan yang mendukung usaha mikro kecil dan menengah, manfaatkan saja itu. Bahkan di Internet terdapat informasi yang jelas tentang itu semua. Berikut beberapa lembaga yang menyediakan pinjaman modal dari pemerintah atau pihak lainnya :

Pinjaman Dari Bank

Bank menawarkan pinjaman modal usaha tanpa agunan maupun dengan agunan/kredit multiguna. Baik pinjaman menggunakan agunan maupun KTA sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Maka, disarankan setiap nasabah harus mempertimbangkan jenis pinjaman sebelum memilih program mana yang tepat. Bandingkan semua poin-poin penting dari kedua jenis pinjaman dan pilih mana yang paling cocok untuk Anda. Berikut perbedaannya :

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Agunan

Kelebihannya :

  • Proses pengajuannya cepat, berkisar antara 2-3 hari.
  • Persyaratannya tergolong mudah karena tidak membutuhkan agunan dalam proses pinjaman.

Kekurangannya :

  • Suku bunganya cukup tinggi.
  • Plafon pinjaman tergolong kecil dari Rp 2 juta hingga Rp 200 juta saja.
  • Jangka waktu pinjaman pendek yaitu 1-5 tahun saja.
  • Kalau kredit macet, Bank akan mengirimkan debt colektor untuk menagihnya. Bahkan hal tersebut bisa berlanjut ke gugatan perdata di pengadilan dan diakhiri dengan penyitaan aset nasabah.

Pinjaman modal usaha dengan agunan

Kelebihannya :

  • Jangka waktu peminjamannya cuku panjang bisa sampai 15 tahun.
  • Suku bunga pinjaman rendah.
  • Plafon pinjaman lebih besar dan disesuaikan dengan aset yang dijadikan sebagai agunan.

Kekurangannya :

  • Proses pengajuannya memerlukan waktu relatif lama dan harus melalui prosedu apprasial. Dimana pihak bank melakukan survey untuk menentukan taksiran pinjaman terhadap aset yang diajukan.
  • Jika terjadi kredit macet, nasabah harus merelakan asetnya yang merupakan jaminan disita oleh Bank.
  • Itu beberapa point yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam menentukan jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda mesti tahu seberapa mampu Anda dalam membayar pinjaman tiap bulannya. Pastikan penghasilan Anda bisa memenuhi besarnya cicilan tiap bulan agar tidak terjadi sesuatu yang buruk.

Pinjaman Modal Usaha Non-Bank

Apabila dana yang Anda perlukan tidaklah besar dan mempunyai kekhawatiran dalam mengajukan pinjaman ke Bank, maka sebaiknya pertimbangkan pinjaman modal usaha  Non-Bank. Berikut beberapa pin yang bisa menjadi perhitungan dalam memilih pinjaman di luar bank.

Pilihlah lembaga pinjaman bebas bunga

Jangan langsung menerima tawaran pinjaman yang singkat dan cepat. Karena mungkin saja, mereka mempunyai bunga yang tinggi. Baca dulu sebelum menyetujui dan menandatangani surat penyataan pinjaman. Baca dengan seksama, jika belum jelas mintalah penjelasan dari peminjaman. Pilih saja pinjaman yang bebas bunga atau yang bunganya kecil. Anda harus berhati-hati dengan semua lembaga keuangan.

  • Pinjaman dari orang tua

Apabila Anda mempunyai orang tua yang serba kecukupan, tentu bisa dijadikan sebagai tempat pinjaman modal usaha. Daripada mengajukan ke lembaga keuangan, harus menunggu persetujuan dulu dan belum tentu disetujui. Jika meminjam uang dari orang tua, tidak ada bunga yang harus dibayar. Selain itu, Anda juga tidak takut di kejar-kejar oleh dept collector jika pada batas waktu pinjaman habis.

  • Pinjaman dari saudara

Selain dari orang tua, Anda bisa memperoleh pinjaman modal usaha dari saudara. Anda juga bisa meminjam uang tanpa bunga. Tapi, tetaplah berusaha untuk mengembalikannya tepat waktu. Karena meski saudara sendiri, bukan berarti Anda seenaknya sendiri. Buatlah proposal bisnis agar saudara Anda yakin dan mau meminjamkan Anda dana.

  • Dari sahabat

Tak hanya keluarga, sahabat pun bisa dijadikan tempat keluhan yang efektif untuk masalah keuangan. Jelaskan bisnis yang Anda jalankan kepada sahabat dan berilah konsep bisnis yang mempunyai prospek bagus kedepannya. Selain meminjam dana, tak ada salahnya mengajak sahabat untuk bergabung dan mengembangkan usaha bersama-sama.

  • Mencari dana hibah

Solusi pinjaman modal usaha lainnya adalah mencari program dana hibah dari pemerintah. Caranya dengan mengajukan proposal usaha ke departemen pemerintahan yang biasa menaungi pembiayaan modal usaha. Carilah dari yang departemen terkecil dulu seperti kelurahan, kecamatan baru kabupaten. Mereka biasanya menyediakan pinjaman tersendiri untuk usaha mikor kecil dan menengah.

 

Leave a reply "Sedang Mencari Pinjaman Modal Usaha? Disinilah Tempatnya!"